Wisata Dadakan Ke Pelabuhan Sunda Kelapa

HAI...

Sebelumnya gue mau skip dulu janji gue buat post pengalaman menggunakan salah satu eskpedisi yang sekarang lagi berkembang yaitu; J&T ehehe gue lagi pengen nulis dulu pengalaman gue saat wisata dadakan ke Pelabuhan Sunda Kelapa, cekidot!!!

Jumat, 14 April 2017

Rencananya hari ini gue mau ketemu sama mas pacar, sebelumnya kemarin LDR dulu selama 3 minggu (LDR paling singkat, paling lama pernah 3-4 bulan haha). Kita LDRan Jakarta-Kebumen, ya emang cuma 8 jam sih tapi signal 4g? Jangan ngarep! 2g aja angot-angotan haha, jadilah kita kembali ke masa jadul yaitu via sms atau telepon (itu pun kalo nggak ujan). Awalnya sempet bete karena dia ternyata mau php huhu jadi dia mau ketemu dosennya dulu tapiii dia baru ngeh kalo kampus itu libur huft. Lalu rencana lagi deh kita, awalnya pengen nonton tapi kok ya bosen? Then, setelah ngoceh ngalur ngindul di chat akhirnya kami memutuskan untuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kami janjian ketemu di stasiun cawang dan kami berangkat sekitar pukul 13.00 soalnya si mas sholat jumat dulu. Gue udah di stasiun dengan perbekelan seabrek di ransel, sayangnya gue salah naik kereta-_- sementara si mas masih di kereta yang belakang pfft jadilah gue turun dulu di tebet baru deh naik kereta tujuan ke kota bareng si mas. Sampai di Stasiun Kota kita langsung ke pintu keluar sebelah kanan (bukan ke arah pasar gembrong), lalu naik mikrolet M15 bukan M15A ya! Ongkosnya 4000 rupiah saja kok dan tadi naik kereta 3000 rupiah. Nanti turunnya di pintu masuk pelabuhan, dari pintu masuk ke dalem pelabuhan sih lumayan deket tapi kalau mau nyoba sensasi naik ojek sepeda juga boleh hehe dan akhirnya gue sama si mas naik ojek sepeda sampe depan kapal-kapal dengan harga 5000 rupiah! Sumpah rasanya kayak lagi dibonceng sama ayah sendiri, serasa mau pergi sekolah hehe pas masuk pelabuhan langsung disambut dengan debu wushhh terlebih lagi banyak juga kapal yang lagi bongkar muatan. Akhirnya gue minta stop di depan kapal yang lagi bongkar muat karena berniat mau naik soalnya gue kepo haha tapi ternyata gak boleh karena lagi bongkar muat huhu. Kita lanjutin jalan sekaligus foto-foto aktivtas kuli panggul yang lagi angkut barang, sebenernya kita lagi nyari abang perahu kecil atau sampan yang biasanya nawarin buat keliling. Gak lama setelah kita jalan, tiba-tiba ada seorang Bapak manggil gue sama si mas
"neng hoy hayuk mau naik kapal?"
sempet ragu si mas karena kita belum ngambil uang (kebiasaan) hehe akhirnya gue nanya dulu deh ke bapaknya, kira kira begini dialognya;

gue: berapa pak?
bpk: mau ke mana dulu neng?
gue: medan hehe
bpk: *asah golok*
gue: hehe itu keliling depan situ aja gak sampe pantai kok
bpk: sampe pantai aja 50rb deh
gue: *nengok ke si mas*
mas: kurangin deh pak, ke mercusuar depan aja
bpk: hmm ayok deh 30 ya!
gue: ayok!!!

Jadilah gue sama si mas juga bapaknya naik ke sampan, sampannya sendiri diparkir di antara 2 kapal besar yang menurut gue udah kayak benteng china haha seresa dihimpit 2 batu besar di pantai Belitung! Seriusan hahaha sempet deg-degan sih kalo tiba-tiba ada kapal yang bunyiin klakson mungkin gue bisa sport jantung hahahaha. Setelah itu bapaknya nyoba buat mendayung agar sampan bisa keluar dari celah-celah kapal gede, oh iya nama bapaknya ini pak Amir, beliau rantauan dari jawa tengah. Hampir 4 kali dayungan akhirnya sampan kita bisa meluncur pakai mesin hehehe langsung tancap gas sist! Pas kita baru mau berangkat, kita papasan dengan 4 sampan yang ditumpangi sama om-om bule dan mba-mba bule wow! Usut punya usut biasanya turis kalau habis dari kota tua pasti ngelimpir ke sini (pelabuhan sunda kelapa), sempet nanya sih ke bapaknya kalo untuk turis harga sewa sampan atau mereka biasa menyebutkan untuk turis dengan taxi boat dengan harga 50.000 rupiah yang berarti harganya sama untuk wisatawan lokal (kalo gue sama si mas mah harga nawar wakakak dan kita juga gak sampe pantai, jadi harga 50.000 itu udah sampe pantai bisa 1 jam dari pelabuhan) dan si sampan ini paling maksimal banget diisi sama 6 penumpang termasuk si pengemudi ya! Sebenarnya gue agak kecewa sih lebih tepatnya salah perhitungan karena gue malah naik sampan jam 4 sore, jadinya gak dapet sunset huhu sebagai gantinya gue sempet liat-liat awak kapal yang sedang istirahat, ngejemur pakaian, makan, benerin mesin kapal sampai ada yang mandi dan gak sengaja gue liat hahahaha maaf loh pak! Selesai naik sampan kita minta sama bapaknya buat diturunin di seberang pelabuhan karena kita mau ngacir ke destinasi seanjutnya yaitu Museum Bahari!

Dari Pelabuhan ke Museum cukup deket kok bisa diakses dengan jalan kaki, tiket masuk Museum untuk dewasa seharga 5.000 rupiah dan kalau temen-temen punya Jakcard itu bisa dipake loh! Salah satu yang bikin gue penasaran ke Museum Bahari adalah menara miring atau menara mercusuarnya, konstruksinya bisa miring gitu gue kurang tau ya karena gak ada papan penjelasannya huhu. Selain itu lo bisa belajar macam-macam tanda peringatan di dalam kapal, contoh kayu yang biasa dipakai oleh warga untuk membuat kapal pas jaman dahulu, phinisi yang pertama kali berlayar di pelabuhan sunda kelapa sampai sebuah piring yang menjadi simbol keikutsertaan warga lokal dalam pelayaran phinisi. Pokoknya banyak deh! Ada juga ikan-ikan yang dulu banyak ditemui di sekitaran pelabuhan, salah satunya ikan ekor kuning. Oh iya buat temen-temen yang mau ke Museum harus hati-hati ya soalnya Museum ini lagi tahap renovasi, bakalan ada sensasi tangga dengan bunyi kriyettt yang bisa bikin gue deg-degan karena takut tangganya jebol :( hehe. For your informastion, antara Menara Miring dengan Museum utama itu kepisah ya bangunannya, jadi lo harus keluar dari Museum dulu lalu jalan beberapa meter ke arah jalan raya, menaranya sendiri full warna merah nanti kalian tinggal tunjukin tiket masuknya dan langsung deh cus ke atas liat pemandangan! Di seberang meneara miring ada salah satu gedung bekas peninggalan VOC, untuk sekarang fungsinya gue kurang tau karena gak boleh dikunjungi huhu sayang banget yah. Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore dan kita tetep gak dapat sunset huhu jadi sedih deh, akhirnya kita memutuskan untuk makan di pinggir jalan sekitar Museum dan mau tau harganya berapa? Makan berdua cuma 20.000 rupiah! Hahaha porsinya gak lumayan banyak sih tapi lumayan buat ganjel perut, menunya juga macam-macam dan yang terpenting bersih+enak+halal gengs!

Karena udah capek dan mau nungguin di Menara buat dapetin sunset pasti lama (Museumnya juga mau tutup) jadilah kita pulang. Disinilah keimanan kita diuji, gue sama si mas berencana mau naik Transjakarta dari halte Pluit Penjaringan dikarenakan kalo dari Kota gue harus transit di Bendhil dan mager, akhirnya kita jalan sekitar 45 menit dari Pasar ikan-Lampu merah pluit (kampus Atmajaya). Capek? Iya!!! Tapi ini emang udah tradisi gue berdua kalo jalan-jalan pasti ada momen jalan berduaan heheehehehehe.

Dan hari itu ditutup dengan gue sama si mas pules di transjakarta sampai halte Grogol 1 kemudian main Cat Room berdua hahaha! Jadi total pengeluaran hari ini

Tiket kereta commuter line cawang-kota: Rp. 3,000
Angkot M15: Rp. 4,000
Ojek Sepeda ke Pelabuhan: Rp. 5,000
Naik Sampan: Rp. 15,000
Tiket Masuk Museum: Rp. 5,000
Makan Pinggiran: Rp. 10,000
Transjakarta: Rp. 7,000

Total jalan-jalan dadakan ke Pelabuhan Sunda Kelapa+Musuem Bahari; Rp. 49,000.

Jadi kemungkinan besar hari itu berdua ngeluarin uang masing-masing hanya 50.000 rupiah! Cukup terjangkau bukan? Next trip bakalan saya share yaaa! See you!










Comments

  1. Hai kaa mau tanya, ini interviewnya full english kan yaa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts