Pengalaman Interview di Shopee Indonesia

Yuhuuuu, salam jobseeker!

 

Oke langsung aja, di bulan ini gue mencoba sebuah kesempatan untuk menjajal karir di Shopee. Yap! Siapa sih yang gak tau Shopee? Salah satu perusahaan e-commerce yang lagi berkembang banget, bisa dibilang lagi puncak jayanya. Tapi selain Shopee masih banyak perusahaan e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora dan masih banyak lagi. Setelah gue pelajari satu persatu dan gue telaah (cailaaah tengil banget gue), akhirnya gue memilih si orange sebagai percobaan peruntungan karir gue hehe. Gue sendiri melamar via web dan memilih bagian Operation Analyst (kebetulan yang di Indonesia yang buka itu untuk any majors), setelah melamar akhirnya gue melalui tahap selanjutnya yaitu; MENUNGGU.

Setelah beberapa hari atau hampir seminggu, gue akhirnya mendaptkan email dari HR Shopee uhuuuuuy! Lega juga akhirnya gue mempersiapkan segalanya untuk interview tanggal 28 nanti. 

Selasa, 28 November 2017

Tepat pukul setengah delapan pagi gue berangkat, tak lupa meminta restu dan doa nyokap bokap hehe. Gue akhirnya naik busway menuju UKI, biar dapet ke arah grogol via tol guys, malang tapi nasib aku tuh jam delapan dari BNN aja udah padet merayap tak ada celah huhu di tol pun juga sama huhu, estimasi gue sampe di slipi itu sekitar setengah sembilan, tapi apadaya gue nyampe slipi jam sembilan PAS! Oonnya lagi, gue malah turun di halte tj slipi petamburan bukannya turun di slipi kemanggisan dimana lo bisa jalan beberapa meter doang ke wisma 77 hemmm. Akhirnya gue memilih sang penyelamat yaitu.....ABANG GOJEKQUE. Sampai di Wisma 77 tower 2 itu jam setengah sepuluh pas (dan jadwal di email gue harus dateng jam setengah sepuluh hehehehehe), gue bener-bener udah mikir pait banget tuh, kalo aja tes udah mulai yaudah mending gua balik aja daripada dicap jelek sama HR dan ternyata...........belom mulai guys! huhu Alhamdulillah ya! Akhirnya gue naro CV gue di meja resepsionis, oiya cukup CV sama fc KTP aja ya! Gausah pake amplop juga hehe. Dari daftar absensi yang tersedia, yang bakalan ikut test untuk posisi Content sebanyak empat puluh orang, yes saingan gue lumayan banyak.

Sekitar pukul sepuluh akhirnya tes dimulai, test pun dibagi dua sesi dan gue sesi ke dua di jam setengah sebelah lah kalo gak salah. Tesnya bagi gue cukup mudah, ada beberapa soal yang berisi dua kata, nah tugas kalian cukup nyocokin di antara dua kata itu sama atau nggak kata-katanya. Soalnya ada enam puluh dan kalian cuma diberi waktu lima menit. Gak lama setelah itu langsung tuh diumumin siapa aja yang gak lolos, nama-nama yang dipanggil sama HR tandanya gak lolos dan dipersilahkan untuk pulang. Satu yang gue suka disistem ini; GAK PHP. Yap, langsung ngasih jawaban pasti tanpa perlu nunggu lama. Well, goodluck ya kalian, alhamdulillahnya gue lolos.

Di sesi ke dua selajutnya ada interview dengan HR, lagi-lagi dibikin kelompok guys karena saking banyaknya. Oh iya sisa pesertanya ada sekitar tiga puluh, satu HR langsung interview empat orang dan gue dipanggil paling terakhir-____- posisinya udah jam dua belas, sebenernya gue udah rada gak konsen karena; LAPER:') tapi gue masih mikir ulang karena mba-mba HRnya pun nggak istirahat buat kita huhu makasih loh mba-mbanya sekalian:') selesai interview HR kita dipersilahkan menunggu sembari ibadah dan makan karena tahap selanjutnya interview user. Nah untuk nama-nama yang lolos nanti bakal ditempel di kaca depan. Aku dah pusing makanya langsung cus bareng temen baruku ke alfa hehehehehehehe. Sekitar jam satu, gue kembali ke lantai 10 untuk liat hasil pengumuman. Sejujurnya, gue malah mikir gak lolos interview HR karena sempet jiper sama salah satu kandidat yang interview barengan sama gue. Lu pikir aja doi penglaman sejibun, sedangkan aku tuh apa sih? Freelance di NGO wkwk ya gue sempet gak pede tapi aku tuh gak mau nunjukin HEHEHE gue harus usaha terus (keinget kejadian tadi pagi pas di TOL makanya gak mau usaha setengah-setengah). Pas liat kaca ada selembar kertas yang berisikan nama-nama yang lolos untuk interview user

Alhamdulillah sekali lagi nama gue ada:''''')
  
Di sinilah rasa dag-dig-dug-ser dimulai, di lihat dari perwakannya untuk user satu ini lumayan santai, to-the-point dan tegas. Namanya mba Maya, dialah yang bakalan interview gue tapi nanti. Karena yang lolos interview user itu ada tujuh belas orang, akhirnya kembali dibagi menjadi dua kelompok. Untuk mencapai interview user gue harus menunggu sembilan puluh menit lamanya. Yes, cukup lama dan bikin gue ngantuk banget karena gabut gak tau mau ngapain. Sekitar jam setengah empat mba Maya turun ke lt 10 dan memanggil kita kandidat yang tersisa untuk interview di lt 12. Tanpa basa-basi lagi, mba Maya langsung manggil nama tiga kandidat termasuk salah satunya gue (for the first time gue dipanggil duluan). Ini pertama kalinya gue interview user langsung sekaligus bertiga, tahapan pertanyaannya meliputi ini:
  • perkenalan diri mulai dari asal kampus atau riwayat pendidikan lo, riwayat pekerjaan lo, riwayat organisasi, termasuk domisili
  • kenapa mau kerja di shopee?
  • kenapa lo memilih posisi tersebut? seberapa paham lo sama posisi itu?
Ya ini inti dari pertanyaannya dan nanti kuasa user deh tuh ngembangin pertanyaannya. Pokoknya yang gue tangkap dari mba Maya, dia sangat to-the-point bener-bener gak mau buang-buang waktu. Akhirnya sekitar lima belas menit gue dinterview, mba Maya mempersilahkan kita keluar dulu. Gak lama kemudian gue bertiga kembali dipanggil masuk ke ruangan, di situ dia langsung bilang siapa di antara kita bertiga ini yang lolos untuk test selanjutnya (di situ gue mikir...hah? ada lagi?) dan yang lolos untuk test selanjutnya,


Alhamdulillah gue:'''''''''''''''''''''')

Lalu mba Maya menjelaskan bahwa selanjutnya itu interview dengan Manager, lebih tepatnya Manager Operation Analyst. Gue kira harus nunggu lagi gataunya langsung sist, cus langsung pindah ruangan dan duduk kembali di kursi panas. 

Ibu managernya menurut gue sangat amat wibawa banget, menurut ke-sok-tauan gue mungkin beliau umurnya 37 tahun ya? Karena masih muda banget. Oke langsung saja gue dipersilahkan memperkenalkan diri dan ini lah inti pertanyaannya:

  • riwayat pekerjaan apa, apa aja sih yang dilakukan setelah lulus kuliah?
  • riwayat organisasi, selama kuliah lo ngapain aja tuh aktif dimana?
  • kenapa memilih shopee?
  • apa yang perusahaan dapatkan kalo dia ngehire gue? kenapa harus gue yang dihire?
  • seberapa ngerti lo sama posisi tersebut?
  • APA RENCANA TERBESAR LO DI 2018?


For sure, w lumayan gugup coeg

Gue lumayan banyak dicecer berbagai pertanyaan termasuk jurusan kuliah yang gak sesuai. Lalu gue juga dihadapi pertanyaan-pertanyaan yang gue tau tujuannya bikin gue dilema dan gak tenang karena teknik pertanyaannya yang lumayan bikin jleb. Saran gue cuma satu disini (untuk kalian yang nyampe ke interview GM), manajemen ketenangan kalian. Iya gue bener-bener nyoba sesantai mungkin padahal ini jantung degupnya kenceng banget hahaha. Sekitar 20 menitan gue diwawancara dan selanjutnya beliau menjelaskan tupoksi gue, sifat kerjaannya, siap gak kalo shifting ya begitu deh pokoknya. Selesai wawancara gue dipersilahkan untuk pulang dan menunggu hasil akhirnya nanti di email. YAP DI EMAIL YA GAIIIS BIKIN KU SUSAH MAKAN INI MAH. Ya pokoknya beliau bilang kalau nanti keterima ada training terlebih dahulu. Yowis daku pulang dengan segenap tenaga tersisa. Fiuuuuh kelar akhirnya alhamdulillah.

Dari interview kali ini gue menghabiskan waktu sekitar enam jam di kantor Shopee dan gue bener-bener melihat budaya kerja mereka: WORK HARD, PLAY HARDER, PANTRY AS ALWAYS. Iya mungkin pantry surga buat mereka ya karena banyak amat snack di sana haha kemudian pakaian kerja yang sangat amat santai, juga keterbukaan satu sama lain. Intinya, ini perusahaan yang anak muda banget, bener-bener berisi pemikir-pemikir yang memiliki pikiran terbuka.

Yaudah guys, doain gue ya semoga keberuntungan masih berpihak padaku hehe. Semoga membantu ya untuk kalian para jobseeker, well see you! Happy trying!:D

Comments

  1. Malam ka, mau tanya. Posisi yg dilamar sama yang diinfokan HR invitation interview di email itu sama atau beda ya? Terus, sampe sekarang udh ada kabar belum hasil interview sama GM nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Achmad! Salam kenal, btw alhamdulillah Saya udah bekerja selama sebulan di Shopee hehe. Posisi yg dilamar sesuai kok mas sama invitation dari HRnya. Well, good luck for your test:)

      Delete
    2. Halo kak, saya mau tanya kalo apply ke shopee kalo boleh tau apply nya via apa ya kak ?

      Delete
    3. Halo kak. Mau tanya. Dari test akhir sampai dapet pengumuman by email berapa lama waktunya?

      Delete
    4. Halo kak. Mau tanya. Dari test akhir sampai dapet pengumuman by email berapa lama waktunya?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. malam, maaf mengganggu waktunya,
    mau nanya, kalau customer operation itu jobdisc nya apa aja ya ka?


    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba bisa hub aku via wa di 085376583319,,nnti aku mau ke shopee jga

      Delete
    2. halo mba aku mau tanya mba applynya via apa?

      Delete
  4. Mba @shinsin hr ini pergi walk interview shopee?

    ReplyDelete
  5. Kak mau tanya, gimana si cara kerja nya customer operations, trus kriterianya hrus pengalamantau tdk?

    ReplyDelete
  6. Hay kak, Salam kenal. Aku mau Tanya kalo bagian cross border itu bedanya apa ya sama consumer operations? Makasih :)

    ReplyDelete
  7. Misi kk, klw mw ngelamar dishopee alamat nya dimna yak, mngkin ada yg bisa share, thanks before

    ReplyDelete
  8. Mau nanya. Kalo jam kerja shift itu dari jam brp aja ya

    ReplyDelete
  9. Hai.. Salam kenal.. gw kmr abis final interview sama user untuk posisi customer operation di shopee Dan sruh nunggu sampe Hari jumat besok utk hasil nya.. kalo lolos lgsg training.. hati dah gah dag dig dug gak enak makan. Hiks...doakan gw lolos ya.. mgkn nanti bs ketemu ama lo.. Amin.. btw, thanks until sharingnya really helpfull, cause I read your blog first before test and interview.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka bagi2 info nya dong, interview apa aja.. soalnya saya juga sama senin9 April ada interview customer

      Delete
    2. Halo kak. Info donk final user nanti pengumuman lolos gaknya via email smua atau gmn

      Delete
  10. Utk apply resume nya harus pake inggris ato indo ya?

    ReplyDelete
  11. Hai, apakah saya boleh bertanya berapa gaji yang mbaj dapatkan sebagai content di shopee? Thx :)

    ReplyDelete
  12. Kak interview nya bahasa inggris atau indonesia??

    ReplyDelete
  13. Halo Nisa kalau boleh tau kamu di contact email pemberitahuan kalau diterima H+ berapa setelah interview ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai vida mau nanya dong. Km interview shopee juga? Tanggal brp ya? Bagian apa? Trs apa udah pengumuman hasil ya?? Soalnya aku minggu kemarin jg hbs interview user tp gatau kapan pengumumannya

      Delete
    2. Hai vida mau nanya dong. Km interview shopee juga? Tanggal brp ya? Bagian apa? Trs apa udah pengumuman hasil ya?? Soalnya aku minggu kemarin jg hbs interview user tp gatau kapan pengumumannya

      Delete
  14. ada yang interview untuk besok tanggal 7 juni 2018 ?

    ReplyDelete
  15. Pagi Mba saya ingin Melamar Di Shope bagian kurir, Lokasi Nya dmana Iya mba ??? Kirimin alamat nya Ke Wa Saya 085778188221

    ReplyDelete
  16. Hi. Boleh tau jarak dari interview GM sampai mendapat email konfrimasi diterima dan mulai kerja berapa lama? Please kindy reply ya hehe, Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Udah dapet email pengumuman belum? Sama nih lagi nunggu.

      Delete
  17. Hai ka salam kenal, selamat malam hehe
    Aku mau nanya, kalo misalkan lulus SMA tp sambil kuliah dan pernah magang apa boleh melamar utk job ini? Mohon dijawab ya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  18. Mba mau tanya utk walkin tgl 14 apa benar ya? Bisa utk sma fresh graduate ga ya?

    ReplyDelete
  19. Halo mba, saya mau tanya kalo mba sekarang kerjanya di posisi customer operation bukan? Saya besok ada panggilan interview untuk posisi itu di shopee ( sopo Del Tower lt 30) . Dan boleh tau untuk jam shiftingnya gimana ya? Terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba boleh tau kalo apply di shopee via apa? Terimakasih.

      Delete
    2. 14 juli ada walk interview shopee, coba cari info nya aja

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Hello maaf ada yang punya alamat email shoppe ga ya

      Delete
  20. Halooo semuanya mohon maaf banget Saya baru buka blognya. Untuk sekilas info mengenai walk in besok, sesuai sama info yang sudah teman-teman dapat bahwa HANYA menampung 800 orang pertama saja, jadi untuk teman-teman mohon kalau mau mendapat kesempatan datang sebelum jamnya (pengalaman temen temen Saya). Dan untuk sopodel tower sendiri gedungnya ada di belakang The East. Dan kalau teman-teman yang besok gak bisa hadir, bisa dicoba lagi di web karir shopee atau via linkedin. Selamat mencoba & semoga berhasil yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kalo untuk walk in besok pakaian formal atau boleh casual ya (re:jeans)? Thankyou kak

      Delete
  21. hallo mau tanya untuk ngelamarnya hanya apply di web karir shopee atau bisa cara lain yaa ? s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Mungkin postingan gue https://ontadigurunpasir.wordpress.com/2018/09/01/job-seekers-wajib-baca/ ini bisa membantu lo menjawab pertanyaan lo. Semoga membantu :)

      Delete
  22. Baca juga pengalaman gue di Shopee di sini ---> https://ontadigurunpasir.wordpress.com/2018/09/01/test-dan-interview-di-shopee-kata-shopee-gue-overqualified/

    ReplyDelete
  23. Hai kak, btw aku melamar di divisi Operators dan pilih bagian Fraud Operation. Kirakira jenis test nya sama gak ya? Oh iya aku ada panggilan untuk tanggal 26 Oktober 2018. Mungkin ada temen temen yg sama jadwal test nya sama aku bisa barengan. Krn aku dr bekasi sndirian. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Mohon infonua.. untuk tes fraud operationnya gimana? Udah ada hasilnya? Saya hari ini jg di panggil tes untuk fraud operations

      Delete
  24. 12 okt 2018 apply by web.
    17 okt 2018 invitation test by email.
    20 okt 2018 test.
    25 okt 2018 invitation interview by email.
    26 okt 2018 interview.
    Bismillah wish me luck.😇

    ReplyDelete
  25. Kaka aku mau tanyaa, kalo untuk melamar internship bisa langsung kirim atau apply dimana ya ka? Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  26. Langsung apply aja via web,atau dr jobstreet ada.

    ReplyDelete
  27. Kak caranya nglamar dishopee gmn ya? Mohon infonya ya kak. Pengin kja kyk kakak

    ReplyDelete
  28. Kalo panggilan ke 2 gimana contoh nya ya .. butuh bantuan donk

    ReplyDelete
  29. Kak kira2 klo tes bagian payment sama gak ya kayak tes bagian operation. Mohon infonya. Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Dresscodenya gimana kak? Pake kemeja alisan boleh gak?

    ReplyDelete
  31. Kak mau nanya....boleh kasih tau ga tes nya itu kek gmn yg nyocokin 2 angka. Soalnya aku mau nyoba magang di shopee

    ReplyDelete
  32. Ada yang dipanggil lagi gak hari Selasa ?

    ReplyDelete
  33. Ada yg dpt undangan test sama interview di hari selasa 7 mei nanti?

    ReplyDelete
  34. Gan gmn itu jobdesknya , batas usia brapa? Harus ada pengalaman khusus ga? Saya mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Batas usia stau saya dbawah 30th..
      Pengalaman khusus tergantung posisi yang dlamar.
      Kebetulan pagi ini sy dpt email offering dan di infokan starting date nya kapan,
      Itu jg prosesnya memakan waktu hmpr 2 minggu

      Delete
    3. Batas usia stau saya dbawah 30th..
      Pengalaman khusus tergantung posisi yang dlamar.
      Kebetulan pagi ini sy dpt email offering dan di infokan starting date nya kapan,
      Itu jg prosesnya memakan waktu hmpr 2 minggu

      Delete
    4. Batas usia stau saya dbawah 30th..
      Pengalaman khusus tergantung posisi yang dlamar.
      Kebetulan pagi ini sy dpt email offering dan di infokan starting date nya kapan,
      Itu jg prosesnya memakan waktu hmpr 2 minggu

      Delete
  35. Maaf nanya alamat shope untuk bagian operation analyst dmn ya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat shopee sekarang di sopo del tower mega kuningan

      Delete
  36. Kak mau tanya,pas mau daftar itu ada tulisan masukan kata kunci. Itu apa ya kak kata kunci nya.mohon bantuan nha

    ReplyDelete
  37. halo kak mau nanya, kalo mau ngelamar di shopee harus datangin kantornya langsung atau bisa via web ya? terus kalo via web, pas mau ngeupload resume. kok enggak bisa ya? mohon sarannya. soalnya pengen banget kerja di shopee . terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ngelamar biasanya dari web nya, atau jobfair, begitu menurut pengalaman temen2 batch sy ketika ada undangan psikotest dan interview

      Delete
  38. Maaf mau nanya yang d bawa cv printan apa tulis tangan yah.!

    ReplyDelete
  39. Saya interview user hampir mau 2 Minggu blm ada kabar via email memang lama ya jarak antara interview user dengan lolos atau tidaknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, apakah dulu kaka dapet email dari shopee lolos atau tidaknya?

      Delete
  40. Ada yg di besok ga testnya bareng dong

    ReplyDelete
  41. ada yg tesnya tanggal 2 oktober besok? posisi bagian warehouse agent.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ada, Saya nih.. bisa minta kontak, buat komunikasi?

      Delete
  42. ada yg interview tgl 30 sep besok?

    ReplyDelete
  43. Hallo ada yng interview tgl 12 November?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak mau tanya applynyavdi shopee karir y? Tetus isi dari resume itu apa sja y? Soalnya sy masukin berkas sampe sizenya cuma 1,5mb ggbusa cuma 600kb aja jd cuma bisa cv dan foto gt... Makasih ka

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Hai jobseekers! Ada yang mau written test dan interview HR di Shopee tanggal 25 Feb 2020 ini ga?

    ReplyDelete
  46. Kalo boleh tahu alamat email HR di shopee kak?

    ReplyDelete
  47. Kapan untuk area kurir Denpasar di buka . Di tunggu ya ... Sukses selalu

    ReplyDelete
  48. Halo kak, boleh ga jelasin job desk conten analyst itu apa aja. Insyaallah besok saya wawancara untuk posisi itu ka. Mohon bimbingannya. Terimakasih ka.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts