Pengalaman Menggunakan Ekspedisi J&T

HEIHOLAAAAAA


Di sini adakah yang berprofesi sebagai pedagang? Atau Online shope? Hmm pokoknya yang sering pake ekspedisi deh, ada??? Coba ngacung????? Wow banyak juga hehe. Kalian pastinya pada tau ya salah satu eskpedisi yang bisa dibilang newbie tetapi sudah memberikan kesan yang sangat amat beragam dari para customer. Yap, please welcome eskedisi J&T yang terkenal dengan mottonya: Express Easy Life. Ditambah lagi adanya pelayanan plus-plus yang sangat amat memanjakan para sender atau customer yaitu penjemputan barang ke tempat sender, jadinya kalian yang mau ngirim barang gak usah tuh repot-repot bawa barang ke cabang J&T terdekat, nanti abangnya bakalan ke rumah kok dan nanti dibantu juga packing barangnya terlebih lagi pelayanan ini tuh GRATIS ONGKIR tetapi harus sabar banget ya! Hehehe.

Jadi sekitar beberapa hari yang lalu, gue dapet orderan dari customer gue (oh iya fyi ya gue jual jilbab hehe bisa follow monggo instagramnya sist gan @chaihijab). Berhubung gue juga sedang banyak keperluan dan sudah 2 orang yang minta COD jadilah untuk customer yang ini mau gue paketin aja, sebelumnya gue sempet khawatir sih karena ini kan udah mau mendekati lebaran yang pastinya bakalan banyak banget paketan yang bakalan dikirim. Karena gue gak mau menggunakan NEJ jadilah gue seraching ekspedisi yang kira-kira nyampe 2 hari tapi terpercaya dan akhirnya gue menemukan J&T. Sebelumnya dulu gue juga pernah beli barang di online shope temen gue, dia ngirim barangnya pake J&T dan menurut gue sih lumayan cepet karena hari itu dia ngirim ke J&T, besoknya udah nyampe dengan selamat di gue. Lalu istri abang gue juga sering pake ekspedisi tersebut untuk ngirim barang, akhirnya gue putuskan dengan tekad yang bunder bulat untuk menggunakan J&T. Sebelumnya gue ngecek harga dari Pengadegan Jaksel - Johar Baru Jakpus itu cuma 10rb ditambah pelayanan jemput barang di rumah (cuma beda 3rb sama NEJ Oke). Setelah selesai packing dan menyelesaikan COD, gue download tuh applikasinya J&T dan gue liat review mereka yang make J&T, reviewnya rata-rata "pedes" sist hahahaha. Emang dasarnya gue udah kepo plus penasaran, gue tetep ngorder untuk jemput barang. 
Jadi nanti setelah download applikasi lo harus log in dulu bagi yang udah punya ID, bagi yang belum bisa sign up dengan nomor hp kalian. Setelah itu kalian bisa klik "delivery now" untuk ngorder barang biar dijemput. Gue pun selesai mengorder dan berhasil! Disitu muncul sebuah pop up yang mengaharuskan gue menunggu konfirmasi dari pihak J&Tnya (cabang terdekat). Perlu kalian tau, gue mengorder itu sekitra jam 16.22 WIB tapi sampai jam 17.30 WIB gak ada konfirmasi apa-apa dari pihak J&Tnya, akhirnya gue berinisiatif untuk chat temen gue yang pernah pake J&T, katanya untuk nunggu abang sprinter (kurir) jemput barang itu gak harus sampe 1 jam bahkan bisa lebih cepet. Jadilah gue dilema, mau gue cancel tapi gue masih kepo, gak dicancel tapi gue males CODan haha akhirnya gue telfon CS dari J&T. Ketika gue mendengar sapaan diujung telfon sana, yang mengangkat adalah Mas fahmi. Gue menjelaskan lah kronologinya sekaligus gue ngasih info ke dia bahwa gue ini first time pake ekspedisi ini (first time yang kepo ke orang-orang), selanjutnya dia menjelaskan bahwa batas MINIMUM pengambilan barang SETELAH DIORDER adalah 2 JAM. Jadi kalo lo ngorder itu jam 2 siang, jam 4 sore baru deh tuh barang orderan lo bisa  diambil (proses barang lo di up itu 2 jam men), akhirnya gue menanyakanlah terkait dengan perkataan teman gue yang katanya gak perlu menunggu lama untuk dapat sprinter, lagi-lagi dia hanya menekankan kalau minimum batas waktu hanya 2 jam. Jujur gue agak kecewa tapi masih kepo banget. Karena merasa gak mendapat bantuan akhirnya gue tutuplah telfon dan menunggu 1 jam lagi.

Setelah menunggu 1 jam lagi bahkan sampai jam 19.45 WIB, gue tetap gak dapet konfirmasi apa-apa dari pihak J&T.Akhirnya gue kembali telfon CSnya lah, kali ini yang menjawab Mas Alan. Oh iya sebenernya posisi mas Alan ini bukan di CS, karea untuk CS sendiri office hournya sampe jam 7 kalo gak salah hehehe. Berbeda dengan mas Fahmi, di sini mas Alan sangat amat ngedengerin keluh kesah gue cailaaaah, seriously, dia bener-bener melayani dengan baik, bahkan sampe langsung nulis report dan laporan yang bakalan di up ke cabang terdekat rumah gue, btw thanks mas Alan. Akhirnya setelah nunggu 30 menitanlah, gue dapet telfon dari lead sprinternya, dia bilang besok barangnya di pick up, yowis akhirnya besok dipick up dan itu....................SIANG HARI. Yaudah akhirnya daku negoan sama masnya, mohon banget ini paketan jangan sampe lebih 2 hari gitu ditangan abanganya huhu, bu finally barangku sampe juga di custku:')

Oke, setelah ini gue dapat menyimpulkan; JANGAN NGAREPIN BARANG DIPICK UP APALAGI MEPET LEBARAN. 

Sebenernya, dengan trik marketing "pick up" barang sendiri menurut gue udah mancing banget buat kita-kita (re: agan dan sista onlen sop) untuk memakai ekspedisi J&T, dengan harga yang gak beda jauh sama tetangga sebelah dan pelayanan yang LUMAYAN, pastinya ini ekspedisi bakalan SUPER LAKU. Sayangnya, semakin laku ini ekspedisi, semakin turun kualitas pelayanannya:( mungkin bisa diperbaiki semisal kurang karena sedikitnya sprinter sementara barang loadnya banyak, bisa cari tambahan sprinter. Lebih lanjut, J&T juga memberikan angin segerrrrrrrrrr buat para job seeker da pihak J&T juga bisa memaksimalkan SDM yang udah ada (lagi bekermbang banget boskuh).

Untuk sekarang sih J&T udah lebih meningkat lagi pelayanannya, bahkan sekarang gue kalau beli sesuatu atau mau ngirim sesuatu tetep pake J&T hehehe. Dari gue pribadi, untuk penilaian ekspedisi ini; 7.8 huehehehehehehehehe.

Tulisan ini based on my opinion dan pengalaman ngirim barang sendiri, jadi kalau mau liat riview yang lain monggo ditanya ke temennya lain.

PS: ini kejadian gue ngirim barang H-10 hari menuju lebarang 2017 hehe dan baru sempet gue post sekarang. Happy trying!!! 

Comments

Popular Posts